Dalam Rangka Pelaksanaan P5; 353 Siswa SMAN 1 Jatiluhur Mengunjungi Komisi IV DPRD Purwakarta

21 Oktober 2024 Pemerintahan Yayan Eryanto, S.Pd 26

PURWAKARTA - Sebanyak 353 siswa siswi kelas XI SMA Negeri 1 Jatiluhur mengadakan outing class ke anggota DPRD Kabupaten Purwakarta dalam rangka pelaksanaan P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), Rabu (16/10/2024).

Kunjungan para siswa siswi SMAN 1 Jatiluhur yang didampingi 20 orang guru pembimbing dan koordinatornya ke gedung DPRD diterima Ketua Komisi IV, Ricky Syamsul Fauzi SH., anggota Komisi IV Astri Novita Sari dan Regina Mulya Dwiyanti.

Pada kesempatan tersebut para siswa mendapatkan penjelasan jumlah anggota, jumlah partai yang mendapat kursi, nama dan posisi pimpinan DPRD, Fraksi yang ada di DPRD Purwakarta hasil pemilihan Legislatif tahun 2024 dan telah dilantik pada 6 Agustus 2024 lalu. "Anggota DPRD ada 50 anggota dan partai yang memperoleh kursi di DPRD ada 10 partai dengan komposisi partai Gerindra 10 kursi, Golar 9 kursi, Nasdem 7 kursi, PDIP 6 kursi, PKB 5 kursi, PKS 5 kursi, Demokrat 3 kursi, PPP 2 kursi, Hanura 2 kursi dan PAN 1 kursi,"kata anggota komisi IV Astri Novita Sari anggota DPRD dari partai Nasdem.
Anggota Komisi IV lainnya Regina Mulya Dwiyanti turut melengkapi keberadaan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) yang ada di DPRD Purwakarta, "Di DPRD ada 4 Komisi. Komisi 1 membidangi pemerintahan dan perundang-undangan, Komisi II membidangi Ekonomi dan Keuangan, Komisi III membidangi pembangunan dan Komisi IV membidangi Kesejahteraan rakyat,"kata Regina anggota DPRD dari partai Gerindra.

Selain menjelaskan AKD, anggota Komisi IV juga menjelaskan jumlah dan nama-nama Fraksi yang ada di DPRD Purwakarta periode 2024-2029 yaitu Fraksi Gerindra, Fraksi Golkar, Fraksi Nasdem, Fraksi PDIP, Fraksi PKB, Fraksi PKS, Fraksi DEPAN (gabungan partai Demokrat dan PAN) serta Fraksi PERHATIAN (gabungan partai PPP dan Hanura).

Sedangkan Ketua Komisi IV, Ricky Syamsul Fauzi memberikan motivasi kepada para siswa agar tetap semangat dan serius menimba ilmu sampai apa yang menjadi cita-cita tercapai,"Siapa yang punya cita-cita pengen jadi anggota dewan cung,"kata Ketua Komisi IV. "Nanti bapak kasih pertanyaan dari sudah dijelaskan tadi. Siapa yang bisa menjawab saya kasih hadiah,"kata Ricky memberi challenge kepada para siswa SMAN 1 Jatiluhur yang disambut aplus meriah (Humas Setwan).

Bagikan :